Rabu, 04 September 2013

POLYMER. Apa sih??

Beberapa hari lalu, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) fakultas Farmasi UNEJ mengadakan acara baru, acara yang belum pernah diadakan sebelumnya. Yap, Olimpiade Farmasi. Mungkin banyak yang tidak tahu karena acara memang diadakan saat hari libur. Polymer atau Pharmaceutical Olympiad of Jember University merupakan kegiatan olimpiade farmasi se Eks-karisidenan Besuki, Lumajang, dan Probolinggo yang diselenggarakan oleh Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi Universitas Jember.  Tujuan olimpiade ini adalah untuk berpartisipasi dalam hal meningkatkan intelektualitas bangsa khususnya bagi siswa/siswi SMA/SMK sederajat, memperkenalkan dunia kefarmasian, serta mengembangkan hard skill dan soft skill siswa Sekolah Menengah Atas/sederajat.

Tahun ini merupakan tahun pertama diadakannya olimpiade farmasi oleh fakultas Farmasi Universitas Jember. Kegiatan olimpiade yang bertemakan Brand New and Breakthrough of Jember University ini sukses dilaksanakan pada hari Minggu, 1 September 2013 bertempat di fakultas Farmasi Universitas Jember dan diikuti oleh 135 perserta yang tergabung dalam 45 tim. Mungkin banyak dari teman mahasiswa yang tidak tahu karena acara memang tidak dipublikasi kepada mahasiswa. Untuk lebih meriah, sekedar saran nih mungkin bisa dipublikasi kepada mahasiswa, biar ga keliatan "krik" kalo katanya nyebutin sepi hihi. Oke lanjut....
Olimpiade ini terbagi menjadi tiga babak. Babak pertama merupakan babak penyisihan dimana peserta diberi soal sebanyak seratus, sepuluh soal diantaranya adalah pengetahuan tentang dasar-dasar farmasi dan sisanya merupakan pengetahuan IPA tingkat SMA. Dimana yang bertindak sebagai juri dari olimpiade ini adalah dosen dari fakultas Farmasi Universitas Jember, yaitu ibu Evi Umayah Ulfa dan ibu Yuni Retnaningtyas. Dari babak pertama didapat sepuluh peserta terbaik yang akan melaju ke babak selanjutnya untuk memperebutkan posisi lima besar di babak final. Pada final, SMA Negeri 1 Jember berhasil menjadi juara babak pertama. Sekedar info, semua peserta mendapat sertifikat tapi peserta yang lolos 5 besar mendapat 2 sertifikat, selain sebagai peserta juga sebagai champion.

Menurut ketua panitia acara Polymer 2013, Yora Utami, suksesnya acara ini tidak lepas dari kendala-kendala yang ada, seperti terbatasnya korelasi dengan Sekolah Menengah Atas dan sederajat karena ini merupakan acara olimpiade pertama bagi fakultas Farmasi Universitas Jember. “Tapi kendala tersebut dapat diatasi dengan baik berkat kerjasama panitia pelaksana sehingga Alhamdulilah mampu menarik peserta dari setiap daerah di Eks-karisedenan Besuki, Lumajang, dan Probolinggo”, tambah Yora. Yora juga menambahkan bahwa sebenarnya olimpiade ini ingin dilaksanakan se-Jawa Timur, namun karena terbatasnya waktu promosi, acara ini dilaksanakan se-ekskarisidenan Besuki, Lumajang, dan Probolinggo saja. Suksesnya acara ini memberi gebrakan baru bagi fakultas Farmasi Unversitas Jember untuk lebih melebarkan sayapnya di tingkat Jawa Timur atau bahkan tingkat nasional di tahun depan.
Selamat bagi para pemenang, semoga ilmu, pengalaman, dan hadiah yang didapat bermanfaat. Selamat juga untuk BEM dan panitia POLYMER atas suksesnya acara, semoga lebih sukses untuk polymer tahun depan, lebih banyak peserta dan lebih meriah. Salam mahasiswa!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar